Untuk membuat setiap model baju yang ada di My hobbi, sewist harus membuat pola dasarnya terlebih dahulu. Silahkan lihat pada bagian katagori. Upload terbaru My Hobbi pada hari senin dua minggu sekali, Untuk yang ingin berhubungan langsung dengan my hobbi setiap senin minggu kedua my hobbi menyediakan waktu mulai jam 9.00 - jam 11.00

Tuesday 7 April 2015

Cara memotong bahan

Materi  menjahit  dasar yang harus sista pelajari selain cara membuat berbagai pola dasar salah satunya adalah bagaimana cara memotong bahan.
Pada saat kita akan memotong bahan kita harus mengenal beberapa istilah yang umum di gunakan dalam menjahit, diantaranya :

  1. Pola : kertas yang sudah berbentuk bentuk desain yang akan di buat . 
  2. Kampuh : jarak antara pola dengan batas kain yang akan digunakan. Tidak ada aturan khusus dalam hal ini, tetapi sista harus perhitungkan untuk obras dan jahit. Biasanya antara 1 cm untuk kerung lengan, 2 - 3 cm untuk bagian yang lain, serta 3-4 cm untuk bagian bawah rok atau blus.
  3. Kertas karbon yang untuk bahan.
  4. Rider yang untuk mengrider bahan (menjiplak pola ke bahan). Kertas karbon di taruh diatas bahan laludi rider (jiplak)
 Bahan  digunting searah serat bahan. Bagian tertentu di letakkan pada lipatan bahan yang bersambung, bagian yang terdapat kancing atau reseleting di letakkan pada bagian yang tidak  yang terpisah.

Ok sista semoga artikel ini bermanfaat.

Adapun contohnya dapat dilihat sebagai berikut.



No comments:

Post a Comment