Untuk membuat setiap model baju yang ada di My hobbi, sewist harus membuat pola dasarnya terlebih dahulu. Silahkan lihat pada bagian katagori. Upload terbaru My Hobbi pada hari senin dua minggu sekali, Untuk yang ingin berhubungan langsung dengan my hobbi setiap senin minggu kedua my hobbi menyediakan waktu mulai jam 9.00 - jam 11.00

Monday 4 August 2014

Panduan memilih tepung terigu untuk kue





Saat sista hendak membuat kue kering atau cake, kadang  bingung dalam memilih tepung terigu, selain karena bukan keahlian kita juga karena membuat kuenya hanya sesekali. Berikut kami ambilkan sedikit cuplikan dari buku tentang kue karangan Doddy Pamudji, Semoga bermanfaat…!

Tepung terigu berasal dari tanaman gandum (triticum sp).Tepung terigu   mengandung antara lain protein, gluten, dll. Gluten adalah suatu gumpalan liat dan elastis yang terbentuk pada waktu protein-protein terigu yang tidak larut dalam air di campur dengan air dan mengalami proses pengadukkan. Sehingga semakin tinggi protein tepung terigu semakin tinggi pula kadar glutennya.
Gluten tidak selalu di perlukan untuk setiap masakan yang mengandung terigu.Pembentukkan gluten harus dihindari untuk jenis kue tertentu karena mengakibatkan kue menjadi keras, tidak mekar atau bantat.

Pada tabel di bawah dapat dilihat kadar protein jenis gandum tepung terigu
 

KADAR  PROTEIN
JENIS GANDUM
KEGUNAAN
CONTOH
Tinggi      > 12 %

Hard wheat
Roti, mie, martabak telur
Tepung terigu cakra
Sedang   10 – 11 %
Hard wheat + soft wheat
Cake, gorengan
Tepung terigu segitiga
Rendah  8   -  9  %

Soft wheat
Bolu, bak pao, kue kering
Tepung terigu kunci


 
Dengan sedikit ulasan di atas, semoga sis… dapat memilih tepung terigu sesuai dengan kue yang hendak di buat dan hasil nya tentu  makin Ok……. , selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment